Rabu, 11 Januari 2012

Fenomena Aurora

 
Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari).http://id.wikipedia.org/wiki/Aurora
Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis (IPA /ɔˈɹɔɹə bɔɹiˈælɪs/), yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.
Aurora, kadang-kadang disebut lampu (kutub) utara dan selatan atau aurorae(tunggal: aurora), adalah menampilkan cahaya alami di langit, biasanya diamati pada malam hari, terutama di daerah kutub. Mereka biasanya terjadi di ionosfer. Mereka juga disebut sebagai aurora kutub. Di utara garis lintang, efek ini dikenal sebagai aurora borealis. Aurora borealis juga disebut kutub utara lampu, karena hanya akan terlihat di langit dari belahan bumi utara, peluang visibilitas meningkat dengan kedekatannya dengan Magnet Kutub Utara, yang saat ini di pulau-pulau bagian utara Kutub Utara Kanada. Aurora terlihat di dekat kutub magnet mungkin tinggi di atas kepala, tapi dari jauh, mereka menerangi cakrawala utara sebagai cahaya kehijauan atau kadang-kadang samar merah, seolah-olah matahari itu terbit dari arah yang tidak biasa. Aurora borealis yang paling sering terjadi dari bulan September sampai Oktober dan dari bulan Maret sampai April. Cahaya utara memiliki sejumlah nama sepanjang sejarah. The Creeorang menyebut fenomena ini sebagai “Tarian dari Roh.”Aurora dapat melihat di seluruh dunia. Hal ini paling terlihat lebih dekat ke kutub akibat periode lama kegelapan dan medan magnet.

Mitra selatan, aurora australis atau lampu kutub selatan, memiliki sifat yang sama, tetapi hanya dapat dilihat dari garis lintang selatan yang tinggi di Antartika, Amerika Selatan, atau Australia. Australis adalah bahasa Latin untuk kata “di Selatan.”
Benjamin Franklin pertama membawa perhatian pada “misteri Cahaya Utara.” Dia berteori lampu pergeseran konsentrasi muatan listrik di daerah kutub diperkuat oleh salju dan uap air lainnya.
Biasanya aurora muncul baik sebagai cahaya difus atau sebagai “tirai” yang kira-kira memperpanjang di arah timur-barat. Pada beberapa kali, mereka membentuk “tenang busur”; pada orang lain ( “aktif aurora”), mereka berkembang dan berubah terus-menerus. Setiap tirai terdiri dari banyak sinar paralel, masing-masing sejajar dengan arah lokal garis-garis medan magnet, menunjukkan bahwa aurora dibentuk oleh medan magnet bumi. Memang, satelit menunjukkan elektron untuk dibimbing oleh garis-garis medan magnet, berputar-putar di sekeliling mereka sambil bergerak ke arah Bumi.
Kemiripannya dengan tirai sering diperkuat oleh lipatan disebut “striations”. Ketika garis lapangan membimbing auroral cerah patch mengarah pada suatu titik tepat di atas pengamat, aurora dapat muncul sebagai “korona” dari divergen sinar, efek perspektif.
Fenomena aurora adalah sebuah interaksi antara medan magnet bumi dan matahari angin.
Aurora dihasilkan oleh tabrakan partikel bermuatan dari Magnetosfer bumi, sebagian besar elektron tetapi juga proton dan partikel berat, dengan atomdan molekul atas bumi atmosfir(pada ketinggian di atas 80 km (50 miles)). Partikel memiliki energi 1-100 keV. Mereka berasal dari Matahari dan tiba di sekitar Bumi dalam energi yang relatif rendah angin matahari. Ketika terperangkap medan magnet dari angin matahari adalah berorientasi positif (terutama ke selatan) itu berhubungan dengan medan magnet bumi, dan matahari partikel masukkan Magnetosfer dan menyapu ke magnetotail. Lebih lanjut rekoneksi magnetik mempercepat partikel ke arah Bumi.
Tabrakan di atmosfer membangkitkan listrik elektron untuk mengambil lompatan kuantum (suatu mekanisme di mana energi kinetik elektron diubah menjadi cahaya), dan molekul di bagian atas atmosfer. Energi eksitasi bisa hilang oleh cahaya emisi atau tabrakan.
Kebanyakan aurora yang hijau dan merah emisi dari atom oksigen. Molecular nitrogen dan nitrogen ion menghasilkan beberapa tingkat rendah merah (pink) dan sangat tinggi biru/ ungu aurora. Lampu warna biru dan hijau diproduksi oleh ion nitrogen dan helium netral memberikan warna ungu dari neon sedangkan bertanggung jawab atas jeruk langka suar dengan tepi bergelombang. Gas yang berbeda berinteraksi dengan atmosfer bagian atas akan menghasilkan warna yang berbeda, yang disebabkan oleh senyawa yang berbeda oksigen dan nitrogen. Tingkat aktivitas angin matahari dari Matahari juga dapat mempengaruhi warna dan intensitas aurora. 
 
http://aoliafebriani.blogspot.com/2011/05/pengertian-aurora.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar